get app
inews
Aa Read Next : 3 Ciri-Ciri Perubahan Mata pada Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Terlihat Sepele, Inilah 6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata

Jum'at, 06 Januari 2023 | 18:45 WIB
header img
Terlihat Sepele, Inilah 6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata ( foto : istimewa )

JEMBER,iNewsJember.id - Mata merupakan salah satu panca indra yang berguna untuk melihat serta  untuk menunjang kegiatan sehari-hari. 

Sebab itu, kesehatan mata harus tetap diperhatikan, agar tidak merusak jaringan di dalam mata yang bisa mengakibatkan iritasi, pandangan menjadi buram bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Sebelum kesehatan mata terganggu, hindarilah kebiasaan buruk yang bisa membuat mata menjadi rusak. Berikut kebiasaan buruk, yang jika dikerjakan secara terus menerus akan membuat kesehatan mata terganggu. 

1. Membaca di Ruang Redup

Jika membaca buku sebaiknya jangan di ruangan redup dengan pencahayaan minim. Hal ini bisa mengakibatkan otot pada mata menjadi tegang dan kering, sehingga akan rentan terkena iritasi. Dalam pencahayaan minim pupil pada mata akan dipaksa membesar untuk mengambil lebih banyak cahaya melalui lensa retina. 

2. Sering Memakai Lensa Kontak

Untuk sesekali menggunakan lensa kontak diperbolehkan, asal tidak digunakan untuk keseharian atau bahkan terbawa tidur. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika ( CDC ) mengatakan, dalam setiap tahunnya ada sekitar satu juta orang Amerika pergi ke dokter mata karena mengalami infeksi terhadap pemakaian lensa kontak. 

3. Kebiasaan Mengucek Mata

Kebiasaan menggosok mata dengan kasar bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di bawah kelopak mata. Apalagi tangan yang digunakan dalam keadaan kotor, sehingga bisa memperparah kondisi mata dan menjadikan mata iritasi. Jika mata terasa gatal, sebaiknya kompres menggunakan air dingin sampai rasa gatal menghilang. 

4. Kurang Minum

Kurang minum dapat menyebabkan tubuh terkena dehidrasi. Hal ini ternyata juga berpengaruh bagi kesehatan mata. Karena mata tidak bisa memproduksi air mata secara maksimal dan berakibat bola mata tidak terlumasi dengan baik, sehingga bisa berakibat penglihatan mata menjadi kabur. 

5. Kurang Tidur

Kurangnya waktu tidur ternyata bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan mata. Sebab kurang tidur akan mengganggu kondisi mata dan menimbulkan beberapa gejala seperti kedutan, mata kering, penglihatan kabur, atau bahkan nyeri pada bagian mata. 

6. Tidak membersihkan makeup mata

Tidak membersihkan make up atau riasan wajah ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Sisa riasan yang masih menempel ternyata bisa menghambat produksi minyak untuk kelopak mata, serta bisa menimbulkan iritasi yang ditandai dengan kemerahan, rasa gatal, bahkan perih pada mata. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut