get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Perkuat Ukhuwah Islamiyah, Masjid Moeldoko Gelar Festival Al Banjari se-Jawa Timur  

Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:06 WIB
header img
Masjid Moeldoko menggelar Festival Al Banjari selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat (5-6/1) di halaman parkir Masjid Dr. H. Moeldoko, Bandar Kedungmulyo, Jombang. Foto: Ist

JOMBANG, iNews.id - Masjid Moeldoko menggelar Festival Al Banjari selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat (5-6/1) di halaman parkir Masjid Dr. H. Moeldoko, Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Di hari pertama atau babak semi final menampilkan 50 grup Al Banjari. Mereka sebelumnya dinyatakan lolos di babak penyisihan, berhasil menyisihkan 52 lebih peserta lainnya. 

Peserta datang dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur di antaranya Surabaya, Malang, Madiun, Tuban, Lumajang, Kediri, Jombang, dan Pasuruan. 

Festival Al Banjari dengan total hadiah sebesar Rp50 juta ini, menyuguhkan konsep berbeda. Di mana penampilan peserta berlangsung secara bergantian tanpa jeda dengan menggunakan dua panggung. Acara semakin semarak dan istimewa dengan permainan tata cahaya dengan latar belakang Masjid Moeldoko. 

Gelaran Festival Al Banjari Masjid Moeldoko pun menyedot pengunjung. Salah satunya Halimah. "Ini beda dengan acara Banjari biasanya," katanya. 

Pada kesempatan berbeda, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko selaku pendiri Masjid Moeldoko menyampaikan, kegiatan Festival Sholawat Al Banjari sebagai media untuk semakin menumbuhkan kecintaan kepada Rosulullah SAW. Ia pun berharap melalui kegiatan ini bisa semakin memperkuat ukhuwah Islamiyah. 

"Lewat seni Banjari ini, mari kita tumbuhkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, dan perkuat persaudaraan serta solidaritas kita sebagai umat Islam maupun sebagai warga negara Indonesia," seru Moeldoko. 

Final Festival Al Banjari Masjid Moeldoko akan berlangsung pada Jumat malam (6/1), dengan menampilkan 10 grup terbaik. Malam final akan ditutup dengan pengajian akbar yang menghadirkan Gus Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut