get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Di Jember ada Peternakan Sapi Perah yang Dibangun Sejak Negara Belum Merdeka

Rabu, 04 Januari 2023 | 06:45 WIB
header img
Peternakan Sapi Perah yang Jarang Terekspos ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Rembangan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Jember. Selain memiliki wisata kolam renang dan hotel, Rembangan juga memiliki ciri khas berupa peternakan sapi perah. 

Lokasi peternakan ini berada di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa. Peternakan ini berada di lereng Gunung Argopuro dengan memiliki ketinggian kurang lebih 600 mdpl. Sehingga kawasan ini cocok untuk menjadi peternakan sapi perah. 

Peternakan Sapi Perah rembangan dibangun pertama kali pada tahun 1937, saat masih dalam pemerintahan Hindia Belanda yang dipimpin oleh Mr. Hofside bersama dengan berdirinya wisata puncak Rembangan. Saat masa kemerdekaan, Peternakan Sapi Perah dikelola langsung oleh Dinas Peternakan Kabupaten Jember. Untuk saat ini, pengelolaan dilimpahkan langsung kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Rembangan ini juga menjadi kawasan sentra sapi perah dengan kualitas susu terbaik se-Jember. Kawasan ini dinilai sangat baik untuk pengembangan peternakan sapi perah karena temperatur dan juga ketersediaan bahan pangan untuk sapi melimpah ruah di sekitar peternakan. Di Rembangan sendiri sudah ada sebanyak 20 ekor sapi yang bisa menghasilkan susu dalam dua kali perahan. 

Sapi perah dapat memproduksi sebanyak 160 liter perhari. Setelah diperah susu sapi akan dicek kadar lemaknya menggunakan alat tertentu. Apabila kandungan lemak dalam susu sapi sebanyak 4% maka susu sapi bisa dikatakan baik dan siap didistribusikan ke pasar. Di Rembangan sendiri sudah ada sebanyak 3 kandang sapi perah yang dirawat. 

Adapun ketika sapi perah mampu memproduksi lebih dari 160 liter perhari berarti kandungan lemak di dalamnya tinggi. Susu dengan kandungan lemak yang tinggi akan disetor kepada pengepul industri susu sapi Nestle yang berada di pusat Kota Jember. 

Peternakan sapi Rembangan juga bisa dijadikan sebagai wisata alternatif untuk anak-anak dengan memberikan edukasi tentang sapi perah. Tak hanya itu saja, di tempat ini juga ada berbagai olahan susu sapi yang beraneka rasa seperti rasa coklat, stroberi, pandan, kurma dan masih banyak lagi. Tenang jika ingin mengkonsumsi susu sapi murni tanpa rasa, juga tersedia di tempat ini. 

Susu sapi khas Rembangan dibanderol mulai harga Rp 10.000 per botol. Cukup murah bukan ? Ada yang ingin mengunjungi tempat ini ? 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut