get app
inews
Aa Read Next : Direktur PTPN X Komitmen Tunaikan Hak Karyawan

Unik, Berikut 5 Macam Kuliner Khas Surabaya paling Digemari

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:53 WIB
header img
Kuliner di Surabaya, Jawa Timur (foto : istimewa)

JEMBER,iNews.id - Surabaya merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Timur. Kota ini tak hanya terkenal dengan kupangnya saja, rupanya Surabaya memiliki beberapa kuliner yang memiliki nama yang unik dan pastinya rasanya tak kalah dengan restoran berbintang. 

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang memiliki nama yang unik serta tidak biasa.

1. Pecel Suzanna Kertajaya

Nama warung makan ini mirip dengan mendiang pemain film horor di Indonesia, yakni Suzanna. Meskipun begitu pemilik ataupun menu makanan tak ada sangkut pautnya dengan sosok Suzanna. 

Penamaan kedai ini terinspirasi dari lokasi kedai yang berada tepat di samping toko perlengkapan bayi Suzanna. Kedai ini sendiri berada di Jalan Kertanegara. Kedai ini buka pada pukul 02.00 WIB dini hari hingga pukul 09.00 WIB.

Seperti namanya, menu utama di kedai ini sudah pasti pecel. Tapi jangan salah, Pecel Suzanna tak pernah sepi pengunjung. Pecel di kedai ini memiliki kenikmatan yang diakui oleh banyak pecinta kuliner.

2. Rawon Kalkulator

Rawon kalkulator adalah salah satu rawon legendaris yang sudah berdiri sejak 35 tahun yang lalu. DInamakan warung rawon kalkulator, bukan berarti menggunakan kalkulator sebagai bahan masakan. Penamaan ini berdasarkan pemilik warung yang memiliki kemampuan dalam menghitung yang sangat cepat meski tanpa bantuan kalkulator.

Rawon kalkulator tak pernah sepi pengunjung. Kebanyakan pengunjung akan kembali lagi ke tempat ini karena ketagihan rasa rawon yang nikmat. Tak hanya rawon, disini juga ada makanan pelengkap seperti perkedel, tempe, telur asin serta paru.

Warung ini berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya. Biasanya buka dari pukul 10.00 hingga 03.00 WIB.

3. Bebek Tugu Pahlawan

Bagi pecinta bebek wajib cobain Bebek Tugu Pahlawan. Tak hanya namanya saja yang unik tetapi citarasa dan olahan dagingnya yang membuat warung ini tak pernah sepi pengunjung. 

Jika ingin mencicipi kuliner ini, pengunjung harus rela antri panjang atau bahkan berdesak-desakan. Dengan ukuran daging bebek yang besar empuk, gurih dan juicy yang membuat pengunjung tak bisa berpaling dari kedai ini. 

Dinamakan Bebek Tugu Pahlawan karena lokasi kedai dekat dengan tugu pahlawan yaitu di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya. Buka mulai pukul 17.30 hingga 22.30 malam

4. Seafood Genteng Besar

Kedai ini sangat cocok untuk pecinta seafood, beraneka ragam seafood terjual di tempat ini. Seperti namanya tempat makan ini berlokasi di Jl. Genteng Besar, Pasar, Kec. Genteng Surabaya. Kedai ini buka dari pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB. 

Tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung, terbukti dengan antrian pengunjung yang membludak setiap harinya.

5. Es Krim Zangrandi

Tak hanya makanan berat saja, di Surabaya juga ada cemilan atau dessert yang sangat legendaris, yakni Es Krim Zangrandi. Zangrandi sendiri merupakan salah satu resto es krim yang sudah terkenal di Surabaya 

Untuk mencicipi kuliner ini, pengunjung bisa mengunjungi Jalan Yos Sudarso, Surabaya. Atau lebih tepatnya di depan Balai Pemuda dan Alun-alun Surabaya. Tempat ini biasanya beroperasi dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut