Wisata Edukasi Pohon Buah Tin di Jember

Eko Riswanto
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:30 WIB
Siti Mariyah Wardayati di kebun pohon buah tin bersama mahsiswi (foto: iNews.id)

JEMBER,iNews.id-Buah Tin tergolong buah yang banyak manfaat bagi tubuh. Selain kaya akan nutrisi, buah tin juga memiliki banyak vitamin, salah satunya vitamin B6 dan K.

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia, seperti di Jember, Jawa Timur.

Buah ini memiliki bentuk menyerupai tetesan air mata dengan ukuran yang relatif kecil dengan warna kulit berwarna hijau dan berwana ungu jika sudah matang.

Siti Mariyah Wardayati warga Kecamatan Sumbersari, Jember ia berhasil membudidaya pohon tersebut di kebunya yang berada di jalan Sriwijaya, Kecamatan Sumbersari.

“Konsepnya sederhana, ini kita peruntukkan untuk anak didik kita karena kebetulan saya bagroundya sebagai pendidik, maka saya juga menginginkan mahasiswa saya tidak hanya berkutat di teori saja, naum harus turun lapang melihat kondisi di lapangan, seperti di sini ada pohon buah tin. Mereka tidak harus jauh-jauh melihat ke Negara Arap, dan ternyata pohon itu juga bisa hidup di Jember,” jelas Siti Mariyah Wardayati saat berkunjung di kebun miliknya, Rabu (5/10).

Menurutnya sejak dibuka untuk wisata edukasi tak jarang dari beberapa sekolah Dasar dan TK di sekitar kebunya berkunjung untuk melihat langsung keberadaanya.

“Mereka bisa belajar langsung, jika selama ini hanya tahu dari Al-qur’an, nah sekarang bisa tahu rill nya seperti ini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini dirinya sudah banyak melakukan inovasi dengan menggunakan bahan dasar buah dan daun buah tin diproduksi menjadi minuman seperti teh serta suplemen kesehatan.

“Misalkan teh nya itu bisa bermanfaat bagi kesehatan, semuanya dapat bermanfaat seperti buahnya sebagai antioksiden senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas,” jelas Siti Mariyah.

“Juga bisa kita rasakan sendiri untuk kencing manis, hipertensi sehingga keseimbangan dunia akhiratnya ada,” tandasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan
Bagikan Artikel Ini