Dispar Jember Dorong Tumbuhnya Wisata Baru di Desa

Eko Riswanto
.
Selasa, 04 Oktober 2022 | 19:01 WIB
Harry Kepala Dinas Pariwisata Jember (foto: iNews.id)

JEMBER,iNews.id-Pengembangan desa wisata merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Sejalan dengan itu Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Jember mendorong semua desa untuk mengembangkan potensi yang ada agar menjadi destinasi wisata baru. Potensi serta karakteristik yang berbeda menandakan bahwa Jember memiliki banyak potensi di sektor tersebut.

 

Kepala Dinas Pariwisata Jember Harry menyampaikan bahwa sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi kedepan pihaknya akan melakukan komunikasi dengan masyarakat termasuk juga pemaksimalan Pokdarwis untuk kemudian dibantu agar mengembangkan potensi di desa.

 

“Seperti misalnya di Kecamatan Sukorambi yang dikenal dengan banyak bunga mawar dan menjadi icon tersendiri di daerah itu,” kata Harry di ruang kerjanya, Selasa (4/10).

 

“Wisata itu tidak hanya bicara tentang alam saja, namun juga bagaimana penataan kawasan untuk menjadi landscape sehingga menjadi nilai tambah dari wisata tersebut,” tambah Harry.

 

Menurutnya, Dinas pariwisata mempunyai tugas untuk mempromusikan potensi yang ada agar keberadaanya dapat dikenal dan diharapkan dapat menarik pengunjung, selain itu Dinas juga akan mengedukasi masyarakatnya dengan memberi pelatihan dan membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) Sehingga semua menjadi lebih tertata.

 

“Yang jelas potensi yang ada ini terus kita pupuk kita kembangkan bersama-sama.

Masyarakat sekitar dikondisikan untuk menjadi lebih kreatif sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif,” ujarnya.

 

“Syukur-syukur juga ada seni budayanya sehingga dapat melengkapi suasana wisata tersebut,” pungkasnya.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan
Bagikan Artikel Ini