Pemohon Paspor di Imigrasi Jember Meningkat, Didominasi Untuk Keperluan Wisata Religi

Eko Riswanto
.
Kamis, 22 September 2022 | 12:07 WIB
Petugas di kantor Imigrasi Jember saat melayani permohonan paspor (Foto: iNews.id)

JEMBER, iNews.id-Jember-Penerbitan paspor akhir-akhir ini di kantor Imigrasi kelas I TPI Jember mengalami peningkatan yang signifikan, rata-rata pemohon paspor didominasi oleh calon jamaah umroh

 

Meski demikian, kantor Imigrasi Jember tetap selalu memberikan pelayanan yang terbaik sebagai bentuk komitmen untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Menurut Kepala Sub Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Rizki Putra, peningkatan pemohon paspor terjadi sejak dibuka kembali wisata religi umroh. Jumlahnya hampir mencapai 50% dari sebelumnya. Rata-rata kata dia, pemohon saat ini yang datang ke kantor Imigrasi menggunakan aplikasi M-Pasport (via online). 

 

“Jadi pemohon datang ke sini hanya melakukan foto, sidik jari dan wawancara. Dan pembayarannya juga dilakukan di awal, setelah itu pemohon tinggal menunggu 3 (tiga) hari untuk penerbitan pasport tersebut,” ucap Pria itu di ruang kerjanya, Kamis (22/9).

 

Pemohon dapat mengisi formulir secara elektronik melalui gawainya, mengunggah dokumen persyaratan, memilih jadwal kedatangan serta membayar permohonan paspor.

 

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini Direktorat Jendral Imigrasi juga mengeluarkan satu inovasi yakni layanan percepatan, dengan layanan ini pemohon hanya datang satu kali saja pasport akan di proses saat itu pula.

 

“Pemohon cukup datang sekali saja pada waktu itu, paspornya akan diproses pada saat itu pula sehingga dalam hitungan jam pasport akan selesai,” katanya.

 

Hanya saja kata Riski untuk layanan percepatan ini pemohon harus membayar PNBP (penerimaan negara bukan pajak) lebih mahal dari biasanya. 

 

“Untuk pembayaran bisa dilakukan melalui Bank, market place (Tokopedia dan Bukalapak), Kantor Pos dan Indomaret,” jelas Rizki

 

 

“Dengan layanan percepatan ini, pemohon datang kekantor Imigrasi meminta layanan percepatan sesuai dengan kebutuhan dan SOP maka saat itu juga dilakukan foto,sidik jari dan wawancara pada sore harinya paspor sudah bisa selesai,” tukasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan
Bagikan Artikel Ini