Logo Network
Network

Wujud Bakti Kepada Masyarakat, PMR Wira SMAN 1 Jember Gelar Donor Darah

Eko Riswanto
.
Rabu, 21 September 2022 | 16:11 WIB
Wujud Bakti Kepada Masyarakat, PMR Wira SMAN 1 Jember Gelar Donor Darah
Kegiatan Donor Darah di SMAN 1 Jember (Foto: iNews.id)

JEMBER, iNews.id - PMR Wira SMAN 1 Jember bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI Jember menggelar kegiatan donor darah Rabu, (21/9). Terlihat antusias siswa dan guru mengikuti kegiatan tersebut. 

 

Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMAN 1 itu berhasil mengumpulkan 81 kantong darah dari 128 peserta yang terdiri dari siswa, guru, karyawan SMAN 1 Jember dan masyarakat sekitar. Sementara 47 orang ditolak karena tidak lolos screening.

 

Kegiatan donor darah ini merupakan program kerja PMR WIRA SMAN 1 Jember. Sebagai wujud dari Tri Bakti PMR yaitu berkarya dan berbakti di masyarakat.

 

"Kegiatan donor darah kali ini kami anggota PMR WIRA SMAN 1 Jember membawa misi yaitu mengenalkan donor darah kepada warga SMAN 1 Jember dan masayarakat umum disekitar sekolah dengan target 150 kantong darah" ujar Disya Nasywa Amalia selaku ketua PMR WIRA SMAN 1 Jember. 

 

"Di kegiatan donor darah kali ini kami juga turut mengenalkan kepada masyarakat tentang apa itu PMR dengan berkolaborasi dengan beberapa instansi yang berada di sekitar sekolah, antara lain Satlantas Polres Jember, YON ARMED Jember. Dinas Imigrasi Kabupaten Jember, dan Dinas Perpustakaan Daerah Jember" Imbuhnya. 

 

Sementara menurut Farhan salah satu siswa peserta donor mengaku bangga, meski ini yang pertama kalinya namun dia yakin akan bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Saya baru pertama donor darah, dan rasanya tidak sakit. Saya sekarang merasa bangga karena saya bisa membantu orang lain dengan cara donor darah" Kata Farhan siswa pendonor pemula kelas X SMAN 1 Jember. 

 

"Buat temen-temen yang masih takut donor ayo donor darah karena rasanya tidak sakit. Selain itu donor darah itu keren" Imbuhnya. 

 

"Alhamdulillah saya bisa dan lolos donor darah. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kemanusia yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada Palang Merah Indonesia dan adik-adik PMR karena dengan donor darah saya bisa berbagi dan menolong sesama yang membutuhkan" ujar Ibu Tutik Istiqomah, salah seorang guru sekaligus pendonor aktif. 

 

Ketua PMI Kabupaten Jember Dr M Thamrin SE MM menyatakan bahwa kegiatan donor darah sebagai salah satu cara sedekah yang mudah dan murah. “Kami haturkan terima kasih kepada SMAN 1 Jember, PMR Wira SMAN 1 Jember, para relawan pendonor lainnya,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember Dr M Thamrin. 

 

Dia menjelaskan, PMR, termasuk PMR WIRA SMAN 1 Jember menjadi salah satu ujung tombak dalam menjaga stok darah di UDD PMI. “PMR menjadi ujung tombak untuk menjaga stok darah di UDD PMI Kabupaten Jemebr aman. Selain itu, berasal dari SMA regenerasi relawan pendonor juga terus berlangsung,” imbuhnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.