Ratusan Warga Jember Jadi Pekerja  Proyek Pengaspalan Jalan Provinsi Rp39,8 Miliar

Eko Riswanto
.
Sabtu, 17 September 2022 | 21:03 WIB
PU Bina Marga saat melakukan pengaspalan di Kencong

JEMBER, iNews.id- Proyek  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, berapa pengaspalan jalan Kasian-Kencong-Jombang Jember, rupanya menyerap tenaga kerja di kecamatan sekitar. 

Mengingat, PT. Timbul Persada selaku Rekanan Pelaksana, melibatkan  sekitar 112 warga asli Jember , untuk ikut bekerja dalam penggarapan proyek senilai Rp39, 8 Miliar itu. 

General Superintenden PT. Timbul Persada Cecep Pribadi menjelaskan bahwa pelibatkan ratusan warga lokal itu,  berasal dari Kecamatan Gumukmas, Jombang, Puger, Kencong dan Balung. Mereka,jadi pekerja kasar dalam proyek ini. 

"Mulai dari tenaga hampar, tenaga Fragmen, pengatur lalu lintas, pekerja harian serabutan, itu semua berasal dari warga lokal," ujarnya saat di konfirmasi, Sabtu malam (17/9/2022) 

Menurutnya, hal itu sengaja dilakukan, karena proyek pengaspalan jalan ini berasal dari pemerintah. Sehingga, harus membawa dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

"Jadi kami libatkan warga lokal, untuk pemberdayaan ekonomi rakyat setempat, supaya ada pemerataan ekonomi juga," tutur pria yang akrab disapa Cecep ini. 

Sementara upah bagi warga sekitar yang dilibatkan dalam proyek ini, kata Cecep, sekitar Rp90 ribu perhari, dengan masa kerja kurang lebih 8 jam. 

"Mulai pukul delapan pagi, hingga pukul empat sore. Diluar itu nanti masih ada uang lembur, bila diperlukan untuk lembur,"jelasnya

Sementara pekerja teknis dan Tim inti dalam proyek tersebut, hanya sekitar 12 orang. Kata dia, mereka semua berasal dari perusahaan, yang sudah terlatih, dengan keahlian masing-masing. 

"Seperti pengawas lapangan, koordinator pengatur lalu lintas, kemudian ahli tim kualiti," kata Cecep lagi. 

Oleh karenanya, Cecep berharap setelah proyek peningkatan jalan ini beres, dapat meningkatkan mobilitas masayarakat, dalam mendongkrak ekonomi. 

"Bukan hanya fisik jalannya saja yang meningkat, tetapi juga lalu lintas industri , supaya ekonomi masayarakat bisa meningkat pula," pungkasnya

Sekedar informasi, Kontrak pengerjaan pengaspalan jalan ini, dimulai sejaka bula Mei 2022  dan berakhir pada bulan Desember 2022.

Editor : Abdul Muis Setiawan
Bagikan Artikel Ini