Dua Perahu Nelayan Tak Bertuan Terdampar di Lereng Nusa Barong Jember

Eko Riswanto
Dua Perahu yang terdampar di Pinggir pulau nusa barong, Foto/Istimewa.

JEMBER,iNewsJember.id - Dua perahu nelayan ditemukan terdampar di Pulau Nusa Barong, Kecamatan Puger, Jember.

Dua perahu itu ditemukan pertama kali oleh dua orang yang sedang mencari ikan di sekitar lokasi. Kondisi kapal saat itu kandas di sisi sebelah utara pulau tak berpenghuni itu sekitar pukul 08.00 WIB.

KBO Satpolair Polres Jember Aiptu Agus Riyanto saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya menerima laporan dari seorang nelayan terkait adanya penemuan perahu jenis speed di Pulau Nusa Barong.

“Penemuan dua perahu nelayan yang terdampar ini berawal dari laporan dua nelayan pagi tadi. Kemudian langsung kami lakukan identifikasi untuk mencari identitas pemiliknya,” Jelas Agus, Minggu (6/10/2024).

Agus mengatakan, untuk penyebab dari kandasnya kedua kapal tersebut diduga lantaran gelombang laut yang tinggi pada Sabtu (5/10/2024) kemarin.

“Kemarin tinggi gelombang air laut itu mencapai kurang lebih 2,5 sampai 2,6 meter. Sehingga sampai saat ini, dugaannya adalah kapal tersebut terdampar karena dampak ombak tinggi kemarin,” jelasnya.

Dari penemuan dua perahu nelayan tanpa pemiliknya itu, kata Agus, rencananya akan dilakukan operasi SAR. Karena diduga ABK dari kedua perahu itu terhempas ombak dan hilang di tengah laut.

“Jadi nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan proses pencarian. Kami juga berusaha mencari pemilik dari kapal tersebut yang tidak diketahui keberadaannya,” terangnya.

Dari proses identifikasi yang dilakukan, lanjut Agus, diketahui salah satu perahu nelayan itu milik H. Sumali, Warga Dusun Mandaran Desa Puger Wetan Kecamatan Puger.

Sementara itu menurut Anggota Relawan Barat Daya Jember Viky Septian, terkait penemuan dua perahu nelayan ini sudah dilakukan koordinasi bersama.

Adpun titil koordinat penemuan dua kapal kayu itu berada di -8.457853,113.373127 atau di sekitar Teluk Penjaringan menghadap arah Pantai Nyamplong Kobong Puger.

Editor : Eko Riswanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network