Sukses Ternak Burung Kontes, ASN di Jember Berangkatkan Umroh Dua Anak dan Istrinya

Eko Riswanto
Eko Budi Cahyono alias Ayok, usai memanen anakan burung dari kandang ternaknya. (Foto: Eko)

JEMBER,iNewsJember.id - Eko Budi Cahyono alias Ayok, di Dusun Bulangan, Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Jember sukses melakukan budidaya berbagai jenis burung kontes.

Jenis burung yang ia ternak adalah burung murai batu, Cendet dan Kenari. Peluang bisnis ternak burung kontes menurut dia sangat menjanjikan sebab, semakin hari peminatnya kian bertambah.

Terbukti dari hasil bisnisnya, ia mampu membiayai istri dan dua anaknya untuk beribadah umroh ke tenah suci Mekkah pada tahun 2021.

"Awalnya saya tidak diizinkan oleh keluarga, namun saya tetap maksakan diri karena melihat peluang bisnis ternak burung, terutama untuk burung kontes," katanya.

Seorang ASN keperawatan di Jember itu mulai menjalankan bisnis ternak burung kontes sejak 2012 hingga sekarang. Jumlah indukan di tempat ternaknya hingga kini mencapai puluhan ekor.

"Saya menjual anakannya, mulai netas saya panen anakannya dan meloloh sendiri sampai usia satu bulanan dan bisa mandiri (makan sendiri)," ucapnya.

Untuk harga anakan murai kontes kata dia bervariatif, tergantung kualitas dan usia si burung tersebut, semakin kualitasnya bagus ia membandrol dengan harga yang lumayan tinggi. 

"Untuk anakan murai yang kualitas bagus usia satu setengah bulan saya jual RP600.000-850.000. berbeda dengan cendet dan kenari. Kalau cendet saat ini lagi tren, banyak peminat sampai kuwalahan menerima orderan," ujarnya.

Editor : Eko Riswanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network