5 Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan Tubuh

Dyah Ratna Meta Novia / Intan Eka
5 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka makanan yang memiliki citarasa pedas. Kebanyakan orang Indonesia selalu menggunakan sambal sebagai bahan pelengkap saat mengkonsumsi makanan. Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa memberikan dampak negatif pada tubuh. 

Tak hanya memiliki dampak negatif saja, makanan pedas juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Apa saja ? Simak ulasan berikut ini. 

1. Meningkatkan mood

Mengkonsumsi makanan pedas ternyata bisa membuat orang menjadi lebih bersemangat dan juga senang. Karena makanan pedas akan memunculkan hormon serotonin yakni hormon perasaan senang yang bisa meningkatkan mood serta membantu tubuh melawan stres dan juga depresi. 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, makanan pedas seperti paprika hijau dan merah memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak, termasuk vitamin C. Kandungan ini bisa membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai infeksi dan juga penyakit. 

3. Baik untuk kesehatan jantung

Memang benar rasa pedas atau bumbu pedas yang berlebihan bisa membuat perut menjadi mulas. Tapi hal ini ternyata makanan pedas bisa bermanfaat bagi kesehatan organ jantung. Karena kandungan Capsaicin yang terkandung di dalam cabai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) serta bisa mengurangi resiko terjadinya kolesterol. Kandungan ini juga bisa membantu tubuh melawan peradangan, sehingga resiko serangan jantung bisa diminimalisir. 

4. Meredakan nyeri tubuh

Kandungan capsaicin di dalam cabai bisa mengurangi pasokan neurotransmitter tubuh yang biasa disebut Zat P. Zat ini bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal nyeri ke otak. Pada saat lidah kesemutan karena makanan pedas, kemungkinan tubuh lainnya juga bisa terbebas dari rasa sakit. 

5. Bantu menurunkan berat badan

Menurut para ahli, makanan pedas bisa meningkatkan metabolisme didalam tubuh, sehingga lemak bisa lebih cepat terbakar. Tak hanya itu saja, rempah-rempah yang biasa digunakan didalam makanan pedas bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan bisa mencegah mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network