Ciplukan, Buah Liar yang Kaya Akan Manfaat

Kiki Oktaliani / Intan Eka
Ciplukan, Buah Liar yang Kaya Akan Manfaat ( foto : BuddyKu )

JEMBER, iNewsJember.id - Buah ciplukan atau sering dikenal dengan nama Golden Berries adalah salah satu jenis buah yang jarang ditemukan. Sehingga membuat buah ini tak populer seperti buah pada umumnya. 

Buah ciplukan biasanya tumbuh liar di hutan atau perkebunan. Bentuknya kecil berwarna kuning jika sudah matang dan hijau saat masih mentah. Buah ini memiliki citarasa yang masam ketika mentah dan manis ketika sudah matang. Buah ciplukan memiliki segudang manfaat.

Berikut ini ada 5 manfaat buah ciplukan yang perlu diketahui. Apa saja ?

1. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Buah ciplukan memiliki kandungan fitosterol atau sejenis antioksidan yang bisa membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, buah ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. 

2. Mengandung Antioksidan

Buah ini juga mengandung karotenoid yang merupakan pigmen pewarna pada buah. Kandungan ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh, akibatnya banyak penyakit yang mudah menyerang tubuh. Studi menjelaskan bahwa ciplukan bisa membantu tubuh untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Ciplukan juga dipercaya sangat efektif untuk membunuh sel kanker mulut. 

3. Mengontrol Diabetes

Golden berry atau berry emas merupakan nama lain dari buah ciplukan. Buah ini mengandung senyawa yang bisa memperlambat asupan gula dari karbohidrat. Senyawa yang terkandung di dalam buah ciplukan bisa menghindari tubuh mengalami lonjakan kadar gula di dalam darah. Hal ini bisa membuat tubuh terhindar dari hiperglikemia atau kondisi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes. 

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah ciplukan memiliki kandungan vitamin K, vitamin ini bisa larut didalam lemak serta sangat baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K bisa menutrisi tulang agar tidak mengalami kerusakan. Mengkonsumsi vitamin K dan D secara bersamaan bisa membuat kesehatan tulang di dalam tubuh bisa terjaga dengan optimal. 

5. Mengurangi Peradangan

Buah ciplukan termasuk kedalam bagian keluarga solanaceae atau sejenis kelompok tanaman yang mengandung steroid alami atau withanolides. Kandungan ini bisa membantu tubuh meredakan peradangan pada artritis kronis, penyakit autoimun serta penyakit neurodegeneratif.

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network