5 Jenis Sayuran yang Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ada Kale hingga Bok Choy

Kiki Oktaliani / Intan Eka
5 Jenis Sayuran yang Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ada Kale hingga Bok Choy ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Sayuran sehat yang sangat baik untuk kesehatan jantung sangat beragam. Seperti diketahui, sayuran mengandung air, nutrisi, alkalinitas, vitamin, dan mineral. Selain itu, sayuran juga rendah kalori dan tinggi akan serat. 

Kandungan yang terdapat di dalam sayur dipercaya memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dari banyaknya jenis sayuran, ada beberapa sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Penasaran apa saja sayuran yang bisa menjaga kesehatan jantung ? Simak ulasan di bawah ini. 

1. Kale 

Kale memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan jantung, terutama kandungan nitrat yang bisa meningkatkan aliran darah. Setelah mengkonsumsi kale, nitrat yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi oksida nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah serta bisa membuka arteri. Ketika lebih banyak darah yang kaya oksigen di dalam pembuluh darah, bisa membuat tekanan darah menurun. Hal ini bisa membuat jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah. 

2. Bayam 

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan potasium. Diketahui bayam memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi dibandingkan pisang. Menurut para ahli, potasium bisa membantu meredakan stres pada dinding pembuluh darah, serta bisa membantu tubuh untuk membuang kelebihan sodium. 

3. Brokoli 

Brokoli memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang memiliki efek antioksidan. Ketika dikonsumsi sebagai sayuran, makanan yang memiliki kandungan antioksidan bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular serta bisa membantu melawan radikal bebas yang akan merusak sel. 

4. Bok Choy 

Bok choy merupakan jenis sayuran yang bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Bahkan sayuran ini dipercaya memiliki sifat anti-kanker. Bok choy atau kubis putih Cina memiliki kandungan folat, vitamin atau bahkan kalsium yang sangat baik untuk tubuh. 

5. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau memiliki kandungan serat larut yang bisa membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol jahat. Sayuran hijau bisa menghilangkan penumpukan kolesterol jahat yang memblokir arteri. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network