4 Cara Ini Bisa Kurangi Kram pada Perut saat Menstruasi

Kiki Oktaliani / Intan Eka
4 Cara Ini Bisa Kurangi Kram Pada Perut Saat Menstruasi ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Nyeri saat haid adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Nyeri ini bisa menjalar ke daerah punggung bagian bawah, selangkangan, ataupun daerah paha atas. Kram saat menstruasi cenderung lebih sakit saat awal periode. Namun seiring berjalannya waktu, rasa nyeri bisa berkurang. 

Berikut ada beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa membantu meringankan kram saat menstruasi.

1. Pijat Perut

Pijat perut ternyata ampuh untuk meringankan kram saat haid. Pijat di atas perut juga bisa mengendurkan otot di daerah panggul sehingga kram pada perut bisa sedikit reda. Memijat perut bisa menggunakan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa yang biasanya digunakan sebagai minyak pijat.

2. Tempelkan Botol Air Hangat di Atas Perut

Menempelkan botol air hangat atau bantalan pemanas di atas perut ternyata bisa membuat otot rahim mengendur, sehingga nyeri kram pada perut bisa berkurang. Panas yang berasal dari botol atau bantalan pemanas bisa membuat otot rahim dan sekitarnya menjadi rileks. Bantal pemanas juga bisa digunakan di punggung bagian bawah untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung. Tak hanya itu saja, jika perut kram akibat haid bisa berendam di dalam air hangat, hal ini bisa membantu melemaskan otot-otot di perut, punggung dan juga kaki. 

3. Melakukan Olahraga Ringan

Saat haid, kegiatan olahraga masih tetap bisa dilakukan. Meskipun sedikit sulit, namun olahraga bisa membuat rasa nyeri pada perut berkurang. Olahraga yang bisa dilakukan saat haid adalah melakukan sebuah peregangan ringan, berjalan-jalan, serta melakukan yoga. Olahraga ini bisa melepaskan endorfin serta bisa menjadi pereda alami saat nyeri haid

4. Akupuntur

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa akupuntur bisa meredakan kram pada saat menstruasi. Perawatan ini juga bisa mengurangi peradangan sebab kegiatan akupuntur bisa melepaskan endorfin dan juga bisa membantu orang menjadi lebih rileks. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network