5 Kuliner Khas Lampung yang Nikmat

Kiki Oktaliani / Intan Eka
5 Kuliner Khas Lampung yang Nikmat ( Foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Jika berkunjung ke Lampung jangan lewatkan beberapa makanan unik khas dari daerah ini. Tak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja yang indah, Lampung juga memiliki banyaks ekali kuliner yang sangat lezat dan unik. 

5 Kuliner Khas dari Lampung 

Selain terkenal dengan oleh-oleh keripik pisang dan nangka, Lampung juga memiliki 5 jenis makanan yang sangat unik dan khas, yaitu : 

1. Geguduh

Geguduh merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang memiliki citarasa manis karena terbuat dari pisang yang dihaluskan. Adonan pisang ini kemudian dicampur dengan tepung terigu dan kemudian digoreng diatas minyak panas. Geguduh merupakan cemilan yang biasa dihidangkan saat berkumpul dengan anggota keluarga atau bersama teman.  

2. Umbu

Umbu adalah kudapan yang berasal dari rotan muda. Kuliner ini memiliki citarasa yang sedikit pahit. Proses pengolahanya pun sangat mudah, yakni rotan muda direbus terlebih dahulu hingga lunak. Kemudian dimasak dengan cara ditumis atau bisa dijadikan sebagai lalapan. Biasanya masyarakat Lampung sering menjadikan umbu sebagai makanan sehari-hari yang dicampur dengan bahan lainnya, sesuai dengan selera.

3. Gabing

Selain umbu, masyarakat Lampung juga menggunakan gabing sebagai salah satu makanan khasnya. Gabing menggunakan batang kelapa muda sebagai bahan utamanya. Cara memasak gabing pun sangat mudah, yakni hanya perlu mengiris batang kelapa muda sehingga berbentuk lempengan kecil yang memanjang. 

Setelah itu, gabing direbus dan ditambahkan dengan berbagai rempah agar semakin nikmat. Masyarakat Lampung biasanya menambahkan beberapa jenis sayuran lain, seperti jamur dan juga daging segar. Gabing sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang berkuah, sehingga sangat cocok disantap saat musim hujan tiba. 

4. Pisro

Kudapan selanjutnya ada Pisro. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan utama ikan betok dan ikan tembakang. Karena jenis ikan ini memiliki citarasa yang gurih, serta dagingnya pun sangat tebal dan padat. 

5. Kue Segumpal

Sekilas Kue Segumpal hampir mirip dengan kue buras. Kue Segumpal banyak dijumpai pada bulan Ramadhan dan saat ada acara perayaan adat masyarakat di Lampung. Kue segumpal sendiri terbuat dari campuran santan dan juga beras ketan. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network