5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sulawesi Utara, Ada Pulau hingga Taman Laut

Alifia Gita Riani / Intan Eka
5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sulawesi Utara, Ada Pulau hingga Taman Laut ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Sulawesi Utara memang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang menawarkan banyak sekali pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Banyak sekali keindahan yang bisa memanjakan mata di provinsi ini, mulai dari keindahan pantai, pulau, air terjun, hingga taman lautnya. 

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sulawesi Utara

Berikut 5 rekomendasi wisata alam di Sulawesi Utara yang bisa memanjakan mata para wisatawan.

1. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh merupakan salah satu destinasi wisata primadona di Sulawesi Utara. Pulau ini berada di Kecamatan Lembeh, Kota Bitung. Pulau Lembeh banyak menawarkan keindahan laut yang sangat mempesona dan eksotis. Di tempat ini juga banyak hutan mangrove, sehingga udaranya masih sangat segar dan asri. 

Untuk sampai di spot-spot menarik, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan. Sekali perjalanan wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000. Untuk memasuki kawasan Pulau Lembeh, wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 8.000 per orang. 

2. Pantai Paal

Keindahan Pantai Paal didapat dari perpaduan pasir putih dan juga gradasi lautan yang dimulai dari warna biru muda hingga tosca. Pantai Paal juga memiliki air yang sangat jernih sehingga para pengunjung bisa dengan mudah melihat keindahan terumbu karang yang berada di bawah laut. Pantai Paal sendiri terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sementara itu di kawasan ini terdapat pasir yang sangat lembut dan empuk. Di sekitar pantai juga banyak terdapat perbukitan hijau yang semakin menambah keindahan pemandangan pantai. Pantai Paal juga sangat cocok untuk dijadikan spot menikmati sunset. Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan hanya Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua hingga Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. 

3. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Telu Kali atau yang biasa di sebut Air Terjun Ratahan Telu berada di Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dalam satu tempat, tetapi dengan ketinggian yang berbeda-beda. Air Terjun Ratahan Telu memiliki suasana yang sangat tenang dan juga nyaman, sehingga bisa membuat betah para pengunjung. Untuk menikmati keindahan air terjun ini tak perlu mengeluarkan biaya, sebab Pemkot Manado belum memberlakukan tiket masuk wisata. 

4. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak berlokasi di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Di tempat ini juga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, karena taman laut ini memiliki pemandangan bawah laut yang bisa memanjakan mata para pengunjung.

Di taman laut ini terdapat sekitar 20 spot snorkeling yang bisa disaksikan keindahan biota lautnya. Taman laut ini juga banyak ratusan spesies ikan dan terumbu karang yang hidup di perairan Pulau Tumbak. Untuk tiket masuk ke destinasi wisata, wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 per-orang. Kawasan taman laut ini buka setiap hari dan beroperasi selama 24 jam. 

5. Taman Laut Bunaken

Yang terakhir ada Taman Laut Bunaken yang tak kalah indahnya dengan Taman Laut Tumbak. Taman Laut Bunaken berada  di kawasan Teluk Manado tepatnya berada di tengah Segitiga Terumbu Karang Pulau Sulawesi, Indonesia. Taman ini memiliki 390 spesies terumbu karang dan 3000 spesies ikan, alga, hingga spesies rumput laut. Untuk memasuki Taman Nasional Bunaken wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 150.000 untuk wisatawan mancanegara, sedangkan Rp 5.000 untuk wisatawan domestik. 

Itulah 5 destinasi wisata yang berada di Sulawesi Utara. Semoga membantu. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network