5 Masjid Bersejarah dengan Arsitektur Terindah di Eropa

Novie Fauziah / Intan Eka
5 Masjid Bersejarah dengan Arsitektur Terindah di Eropa ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Masjid merupakan bagunan tempat beribadah umat Islam. Meski tak selalu menjadi tempat shalat, rupanya masjid juga selalu dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan agama yang bersangkutan dengan Islam. 

Sebagai benua terbesar di dunia, Eropa memiliki beberapa masjid yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah. Masjid-masjid ini juga memiliki sejarah penting yang berkaitan langsung dengan penyebaran agama Islam di Eropa.

5 Masjid Terindah dan Bersejarah di Eropa

Eropa memiliki masjid yang terkenal dengan keindahannya serta masjid ini dinilai memiliki sejarah penting bagi penyebaran agama Islam di Eropa. Berdasarkan sumber terkait, berikut daftar masjid yang bersejarah dan terkenal di Eropa, Jumat ( 3/2/2023 ). 

1. Moscow Cathedral Mosque, Rusia

Moscow Cathedral Mosque merupakan masjid utama di daerah Moskwa. Masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar, termegah, dan tertinggi di Rusia serta menjadi satu-satunya masjid terluas di benua Eropa. 

Bangunan masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1904. Pada tahun 2011 masjid ini dibongkar untuk membangun masjid yang baru. Pembukaan masjid ini diresmikan pada tanggal 23 September 2015 silam. Moscow Cathedral Mosque terletak di Meshchansky di Jalan Pereulok Vypolzov, atau di sebelah stadion Olimpiade yang bernama Cathedral. 

Masjid Moscow berdiri di kawasan masyarakat beragama Kristen Ortodox. Biasanya masyarakat ini menyebut sebuah tempat ibadah sebagai Cathedral. Di dalam masjid terdapat fasilitas yakni ada perpustakaan, pendidikan islam dan juga fasilitas modern seperti lift untuk kaum disabilitas. 

2. Sultan Ahmed Mosque, Turki

Sultan Ahmed Mosque adalah salah satu masjid bersejarah di Eropa. Masjid ini juga merupakan peninggalan dari Kesultanan Utsmaniyah yang berada di distrik Fatih, Istanbul, Turki. Masjid ini juga sering disebut sebagai Masjid Biru. 

Masjid ini dibangun pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616 dan menjadi masjid bersejarah di era Ottoman. Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama dari masjid tersebut. Bangunan masjid ini memiliki  türbe berisi makam Sultan Ahmed I, madrasah, dan juga rumah perawatan.

Masjid ini terkenal dengan nama Masjid Biru, sebab warna cat interiornya didominasi warna biru. Sultan Ahmed Mosque dilapisi dengan ubin berwarna biru yang dilukis menggunakan tangan. Saat malam hari masjid ini akan memancarkan warna biru saat lampu yang terdapat di lima kubah utama masjid serta enam minaret dan juga delapan kubah pendukung dinyalakan. 

Bangunan Sultan Ahmed Mosque telah dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985 dengan nama  “ Area Bersejarah Istanbul “ atau dalam bahasa Turki İstanbul Tarihi Bölgesi.

3. Grande Mosquée de Paris, Perancis

Grande Mosquée de Paris merupakan masjid yang terletak di Arondisemenre, Paris, Prancis. Masjid ini didirikan setelah Perang Dunia 1 sebagai tanda terimakasih Perancis kepada umat muslim yang membantu pemerintah setempat untuk melawan pasukan Jerman. 

Masjid ini dibangun mengikuti gaya mudéjar yakni sebuah menara yang memiliki tinggi sekitar 33 meter. Bangunan masjid diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada tanggal 15 Juli 1926. Grande Mosquée de Paris juga menjadi Islamic Center di Paris. Di sekitar masjid juga terdapat beberapa restoran yang menyajikan berbagai menu hidangan halal, misalnya nasi khas dari Maroko yang disajikan dengan teh panas rasa mint. 

4. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea, Italia

Italia terkenal dengan Colosseum sebagai salah satu bangunan yang sangat bersejarah. Padahal Italia memiliki mayoritas penduduk yang beragama Katolik. Masjid tersebut terletak di kawasan Acqua Acetosa, di kaki Monte Parioli, utara kota dengan luas sekitar 30.000 m2. Bangunan ini juga diperkirakan bisa menampung lebih dari 12.000 orang.

Menariknya, arsitektur dari masjid tersebut bergaya Romawi Kuno. Sebagai masjid terbesar di dunia Barat, masjid ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Italia sehingga disebut sebagai Centro Culturale Islamico d'Italia).

5. London Central Mosque, Inggris

London terkenal memiliki berbagai bangunan-bangunan yang unik, salah satunya adalah London Central Mosque. Masjid ini menjadi tempat persinggahan umat Islam di kota ini. London London Central Mosque berlokasi di Regent’s Park yang merupakan kawasan elit di sana. London Central Mosque di berdirikan pada tahun 1970-an dan didesain oleh arsitek Sir Frederick Gibberd, yang dipilih melalui kompetisi internasional. 

London Central Mosque disahkan oleh kabinet Churchill’s sebagai bentuk pengakuan tentang pentingnya agama Islam di dalam masyarakat yang hingga kini semakin multikultural di Inggris. Masjid tersebut dibangun khusus oleh pemerintah setempat sebagai tanda terima kasih kepada umat Islam yang telah membantu pasukan Inggris di dalam perang dunia 2. Bagunan ini juga menjadi pusat kegiatan agama Islam yang dilengkapi dengan perpustakaan serta pusat layanan tentang agama Islam. 

Nah itulah beberapa masjid yang memiliki sejarah tentang penyebaran Islam di Dunia. Jika mengunjungi negara tersebut, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu masjid tersebut. Semoga membantu.

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network