Selain Bisa Cegah Kanker, Inilah 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Tubuh

Diana Rafikasari / Intan Eka
Selain Bisa Cegah Kanker, Inilah 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Tubuh ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Banyak sekali manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. Daun dari buah sirsak dipercaya lebih efektif dari kemoterapi. Daun ini juga diperkaya dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dalam pengobatan tradisional, daun sirsak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Tumbuhan sirsak juga mampu mengobati peradangan, rematik, hipertensi, diabetes hingga infeksi parasit. Selain itu, daun sirsak juga bisa mengobati hipoglikemia serta memiliki sifat antispasmodic. 

5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Sebuah penelitian, tanaman sirsak dikenal sebagai tanaman ajaib karena memiliki sifat anti inflamasi, antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan juga antiparasit. Berikut ada sederet manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. 

1. Mengontrol Peradangan 

Dalam penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 117 senyawa terkandung di dalam daun sirsak. Daun ini juga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, daun sirsak juga memiliki sifat antioksidan yang bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka. 

Cara agar daun sirsak bisa berkhasiat adalah dengan merebus daun dan hasil rebusan digunakan sebagai obat oles. rebusan ini akan memberikan efek anti rematik dan neuralgik yang bisa mengurangi serta menyembuhkan luka. Ekstrak daun sirsak juga bisa meredakan peradangan akibat dari sistitis, nyeri rematik, demam, malaria, diare, parasit hingga ruam pada kulit. 

2. Pengobatan Kanker 

Sebuah studi menunjukkan jika ekstrak daun sirsak mempunyai efek antiproliferatif dan sitotoksik yang bisa menghambat kanker di payudara, usus besar, prostat, paru-paru, leher rahim, darah, hati, ovarium, mulut dan juga kulit. Sebab daun sirsak memiliki bahan bio aktif annonaceous acetogenins ( AGEs ) yang memiliki sifat antikanker. Kandungan ini akan membunuh sel kanker serta menghambat kompleks mitokondria I dan protein sel kanker.

3. Melindungi Kesehatan Mulut 

Daun sirsak memiliki sifat bakterisida dan fungisida. Dalam sebuah penelitian, ekstrak daun sirsak dipercaya bisa melawan mikroba mulut. Ekstrak daun ini bisa mengobati periodontitis, gingivitis, dan penyakit mulut lainnya. Efek antimikroba di dalam daun sirsak ternyata ampuh dalam melawan jamur candida albicans. Hal ini menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki potensi untuk mengobati gangguan pada mulut. 

4. Mengobati Insomnia 

Dalam pengobatan tradisional, daun sirsak seringkali digunakan sebagai obat insomnia. Daun ini akan merileksasikan otot polos dan akan bertindak sebagai obat penenang. Dengan mengkonsumsi segelas teh daun sirsak ternyata bisa membantu tubuh untuk meredakan stres. 

5. Mengatasi Diabetes 

Daun sirsak bisa membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme glukosa. Daun sirsak juga dipercaya bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah dan juga kadar kreatinin serum. Temuan ini juga membuktikan bahwa daun sirsak bisa menyeimbangkan aktivitas enzim hati. Daun sirsak juga bisa menurunkan tingkat kolesterol total dan trigliserida. 

Itulah kelima manfaat daun sirsak yang perlu diketahui. Semoga membantu.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network