Jarang Diketahui! 5 Manfaat Nangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Intan Eka
Jarang Diketahui! 5 Manfaat Nangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Nangka merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari daerah India Barat Daya. Buah ini masuk ke dalam kategori keluarga tumbuhan Moraceae, bersama dengan buah mulberry, buah ara, dan juga sukun. 

Buah nangka umumnya berukuran besar, dengan daging buah yang cukup tebal dan berwarna kuning dengan biji polong yang bisa dimakan. Daging buah nangka memiliki ciri khas yang manis. Menurut sebagian orang, buah nangka merupakan sebuah persilangan antara rasa pisang dan nanas. 

Karena memiliki tekstur yang berserat, banyak sekali masyarakat yang menggunakan daging buah nangka sebagai pengganti daging merah dalam masakan vegetarian atau vegan. Nangka memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Buah ini mengandung jumlah kalori sebanyak 155 dalam porsi satu cangkir. Sekitar 92% kalori berasal dari karbohidrat, protein dan juga lemak. 

Yang membuat buah ini berbeda dengan buah lainnya adalah kandungan protein yang tinggi. Buah ini mengandung lebih dari 3 gram protein per cangkir. Nangka juga kaya akan antioksidan yang membuat buat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah nangka dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Kandungan di dalam buah nangka juga bisa membantu mencegah penyakit di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini sesuai takaran bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi virus dalam tubuh. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Nangka sangat berpotensi sebagai penurun resiko terjadinya penyakit jantung. Karena buah ini mengandung kalium, serat dan juga antioksidan yang bisa menjaga kesehatan jantung. 

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa biji buah nangka bisa membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah ( LDL ). Biji ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi ( HDL ). Kolesterol LDL atau kolesterol jahat adalah sebuah endapan lilin yang bisa menempel pada arteri. Saat endapan ini menumpuk bisa membatasi aliran darah dalam tubuh. Sehingga bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Sedangkan kolesterol HDL atau kolesterol baik bisa menghilangkan LDL dari pembuluh darah yang kemudian akan dikirimkan kembali ke hati. 

4. Mencegah Masalah Kulit

Buah nangka mengandung beberapa nutrisi dan juga antioksidan, seperti vitamin C yang bisa menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga bisa memperlambat terjadinya penuaan pada kulit. 

5. Sumber Serat yang Baik

Biji nangka merupakan sumber serat larut yang baik untuk tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, serat larut dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga bisa memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya lonjakan glukosa di dalam darah setelah mengkonsumsi makanan. Penelitian juga menunjukkan serat dalam makanan juga bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker usus besar.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network