Sop Tunjang Kuah Bening yang Lezat, Kuliner Khas Pekanbaru ini Selalu jadi Incaran Banyak Orang

Intan Eka
Sop Tunjang, Kuliner Khas Pekanbaru ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Jika mengunjungi Pekanbaru, Riau tak lengkap kalau belum mencicipi Sup Tunjang khas daerah ini. Sop ini berasal dari sop tulang kaki sapi yang masih terbalut dengan daging yang tebal.

Sop tunjang atau tulang merupakan sop dengan potongan tulang muda serta iga sapi yang memiliki kuah berwarna bening tetapi agak kuning. Penyajian sop ini berupa potongan tulang yang masih lengkap dengan sumsum di dalamnya. Sehingga jika mengkonsumsi makanan ini akan disediakan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya. . 

Sup ini diberi tambahan kentang, wortel, tomal, dan irisan daun bawang sebagai bahan pelengkapnya. Sehingga kuah sup ini kuat akan aroma rempah-rempah, karena diberi campuran bawang merah,bawang putih, kayu manis, cengkeh serta jahe. 

Sop ini memiliki kuah kaldu yang kaya akan rempah-rempah. Sop ini juga memiliki tekstur daging yang sangat lembut sehingga menambah kelezatan dari sop ini. Meskipun di beberapa daerah memiliki sajian yang serupa, tetap saja sop tunjang khas Pekanbaru wajib dicoba. 

Kedai sop Tunjang yang populer di Pekanbaru adalah Sop Tunjang Pertama M1. Sop Tunjang khas dari rumah makan ini memiliki tekstur yang sangat empuk serta siraman kuah yang sangat gurih. Kedai ini berada di Jalan Hangtuah Ujung, Sail, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Semangkuk Sop Tunjang dibanderol dengan harga Rp 30.000 saja. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 21.00 WIB.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network