Mengenal Resep Nasi Kentut Khas Medan

Eko Riswanto
Nasi Kentut khas Medan (foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Daun simbukan adalah jenis tumbuhan liar yang menjalar, orang biasa menyebut daun tumbuhan ini adalah daun kentut karena memiliki aroma yang bau. Meski demikian daun tumbuhan ini di Medan, Sumatra Utara dijadikan resep makanan.  

Namanya Nasi Kentut, tak seseram namanya. Asal usul penamaan nasi kentut ini berasal dari cara pengolahan nasinya saja. Pada saat pengolahan nasi dibutuhkan campuran daun sembukan tersebut.

Daun kentut dicampurkan pada nasi sebelum dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Dengan menggunakan daun ini nasi yang dihasilkan akan pulen dan mempunyai citarasa yang khas.

Daun kentut memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Tanaman belukar ini bisa melancarkan pencernaan, mengobati perut yang sedang sakit maag, hingga bisa menyembuhkan penyakit perut kembung.

Isian nasi kentut sama dengan isian nasi pada umumnya, yaitu lengkap dengan berbagai lauk- pauk yang beragam. Isian nasi ini hampir sama dengan nasi rames di Jawa, yaitu berupa tumis sayur, ayam goreng, oseng kentang, mie goreng, ikan teri, hingga sambal.

Nasi kentut dibandrol mulai dari harga Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja. Nasi ini tergolong nasi yang murah untuk bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network