get app
inews
Aa Read Next : Hari Batik Nasional, Rumah Batik Tenun Rolla Ajak Pemuda di Jember Belajar Membatik

Asal Usul Kue Sus, Ternyata Bukan Berasal dari Indonesia

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:20 WIB
header img
Asal Usul Kue Sus, Ternyata Bukan Berasal dari Indonesia ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Kue sus merupakan kue yang berbentuk bundar dengan rongga yang berisi vla, custard, atau daging. Kue sus biasanya diisi dengan vla atau custard yang berbahan dasar susu.

Kue sus pertama kali ditemukan di Perancis. Dalam bahasa Perancis kue ini disebut sebagai choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux. Jajanan ini berbeda dengan adonan kue bolu dan cupcake, kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mengocok mentega dengan gula. 

Adonan kue sus terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan air, kemudian dimasak bersamaan dengan margarin atau mentega hingga mendidih. Setelah mendidih, telur ayam ditambahkan satu persatu ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di dalam panci. 

Adonan kue ini tak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. kue ini menggunakan mixer agar mengembang, sebelum masuk ke dalam proses pemanggangan. 

Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali, yakni sekitar 220 derajat Celcius. Panasnya oven akan mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. 

Dengan tambahan telur di dalam adonan akan membentuk sebuah kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang sudah terperangkap di dalam adonan akan membuat kue berongga. Kue sus yang sejenis dengan kue susu adalah croquembouche, éclair, beignet, dan gougère.

Kini sudah ada beberapa modifikasi kue susu yang sudah berkembang, sehingga kue susu tak lagi berbentuk bulat, ada juga kue sus yang berbentuk seperti angsa atau yang lainnya. Kue sus juga sudah memiliki berbagai variasi seperti sus kering dan juga sus basah. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut